Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Gelar Rakor Penyusunan Kalender Pendidikan 2024/2025

Dinas Pendidikan Gelar Rakor Penyusunan Kalender Pendidikan 2024/2025, Odua Weston Jambi, Kamis (25/4/2024) foto: AM

Reporter: AM | Editor: Ahmad Muzir
Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Gelar Rakor Penyusunan Kalender Pendidikan 2024/2025
Dinas Pendidikan Gelar Rakor Penyusunan Kalender Pendidikan 2024/2025, Odua Weston Jambi, Kamis (25/4/2024) foto: AM

KABAR18.COM-Dinas Pendidikan Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun 2024/2025. Rakor berlangsung selama dua hari, mulai 24-26 April 2024 di Hotel Odua Weston, Kota Jambi.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H. Syamsurizal, SE.M.Si, mengatakan penyusunan kalender pendidikan ini bertujuan memudahkan satuan pendidikan dan siswa dalam mengatur rencana pembelajaran selama 1 tahun untuk hari efektifnya serta mendorong efisien dan efektifitas proses belajar di sekolah. 

Baca Juga: BASARNAS Jambi Gelar Rakor SAR Daerah


“Sekolah-sekolah di semua jenjang dapat menjadikan Kalender Pendidikan tersebut sebagai pedoman dalam melaksanakan semua kegiatan di sekolah dan aktifitas yang disesuaikan dengan hari efektif yang sudah disajikan,” kata Syamsurizal.


Ia mengharapkan Dinas Pendidikan  terus menerus melakukan  berbagai  inovasi bidang pendidikan agar siap menyongsong pendidikan yang semakin berkembang. Seperti Rapor Pendidikan yang dijadikan sebagai acuan dalam mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya lalu membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh. 

Baca Juga: Rakor SAR Daerah Dilaksanakan Guna Menyusun Rencana Kontigensi


Selanjutnya,  kurikulum Merdeka Belajar merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

“Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik,” ungkapnya.

Baca Juga: Diknas Diminta Minimalisir Segala Permasalahan PPDB Online Jambi


Diakhir sambutannya, Syamsurizal berharap Rakor Penyusunan Kalender ini dapat tercipta koordinasi dan sinkronisasi terkait pelaksanaan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi proses belajar mengajar.


Rakor penyusunan kalender pendidikan tahun 2024/2025 dihadiri Kepala Dinas Pendidikan   dan Kemenag Kab/Kota, Ketua MKKS SMA, SMK dan SLB Se Provinsi Jambi serta penjabat 

Fungsional Dinas Pendidikan Provinsi Jambi serta panitia yang berbahagia. (***)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Kabar Lainnya

Kabar Lainnya